Kamis, 30 Januari 2014

(Review) Posbar Secret Santa: I Know Who Is My Secret Santa 2013: Ender's Game by Orson Scott Card.








- Judul: Ender's Game.
- Seri: The Ender Quintet.
- Seri Ke: 1 (Satu).
- Pengarang: Orson Scott Card.
- Penerjemah: Kartika Wijayanti.
- Bahasa: Indonesia (terjemahan).
- Penerbit: Bentang Pustaka (Mizan Fantasi).
- Tebal: 490 Halaman.
- ISBN: 978-979-433-747-9
- Rating: 5 of 5 star.



- Review:

wuiw... buku yang dahsyat. Keren banget, aku yang sering banget dapat cerita jaman dulu dari mama, ketika membaca buku ini, jadi sangat merasa. orang yang hidup pada era 70-an bisa membuat cerita yang didalamnya ada laptop dan benda sejenis tablet, serta game yang bisa ngebaca fikiran. sungguh pemikiran yang sangat maju menurutku. padahalkan jaman dulu gak ada tuh yang namanya laptop, dll... internet aja kaga ada. jangan kan itu, listrik aja di pedesaan belum ada lho! eyang Orson bisa ngebayangin benda-benda se modern ini, dan ditulis didalam bukunya, sungguh karya Dystopia paling maju dan jenius yang pernah aku baca.

Andrew, atau lebih dikenal sebagai Ender Wiggin. adalah anak ketiga dari tiga bersaudara.  Ender dan kakak-kakak nya, Peter dan Valentine Wiggin terkenal sebagai anak yang jenius. tetapi karna dia adalah anak ketiga didalam keluarganya, Ender kerap di ejek sebagai Third oleh teman sekolahnya. itu semua karna program kb pemerintah hanya memperbolehkan warganya untuk mempunyai 2 anak saja, karna mereka menganggap anak ketiga sebagai aib. bukan hanya tidak disukai oleh teman-teman nya, dia juga di benci, bahkan ingin dibunuh oleh kakak sulungnya, Peter. Peter merasa iri, mengapa Ender lebih diperhatikan oleh pemerintah, ketimbang dirinya, padahal mereka berdua sama-sama jenius. Ender sering disiksa oleh Peter dengan dalih bermain perang-perangan. kalau saja tak ada Valentine yang menyayangi dan melindungi Ender, entah apa yang akan Peter lakukan terhadap adik kecilnya itu.

Di usianya yang baru beranjak enam tahun, tiba-tiba petugas Militer datang kerumah keluarga Ender dan menawarkan Ender untuk bersekolah di Battle School. tempat belajarnya calon Tentara yang akan melindungi bumi dari serangan alien bernama Bugger. karna mereka akan melawan alien, maka sekolahan ini pun terletak di luar angkasa. Ender langsung menyanggupi untuk ikut, bukan hanya untuk menjauhi kakak nya, Peter. tapi juga untuk melindungi bumi, serta orang-orang yang ia cintai di bumi. terutama Valentine.

Karna kejeniusannya. Ender pun belajar dengan cepat disekolahannya itu, dia belajar bagaimana caranya bertarung, mengatur strategi, dan lain-lain, dalam dua tahun, Ender telah menjadi pemimpin sebuah pasukan bernama pasukan Naga, pasukan ini kelak ia pimpin untuk menjalankan permainan adu tembak-tembakan dan mengatur strategi. setelah jadi pemimpin, bukannya senang, Ender malah makin stres karna baik fikiran maupun badannya terus di paksa untuk bergerak, tak ada istilah istirahat untuk pasukannya. Ender hampir gila dibuatnya. apakah Ender berhasil mengatasi stres yang melanda fikirannya, ataukah dia malah jadi gila, dan gagal. apakah dia berhasil menyelamatkan dunia dari serangan alien?. jawabannya hanya bisa ditemukan bila kalian membaca buku ini.

disepanjang buku. yang terus-menerus diceritakan adalah kisah Ender di sekolahan tempurnya dan beberapa kali tentang Peter dan Valentine yang ingin jadi politisi dunia. sedangkan kisah para Bugger nya? aku sendiri bingung, Bugger yang seharusnya merupakan musuh utama Ender malah ditutup-tutupi, dan jarang ter ekspose, hingga mendekati akhir buku, tapi begitu misteri tentang para Bugger terungkap dihalaman akhir, aku pun hanya bisa terbengong-bengong, wow, ternyata mereka seperti itu :), semoga bentang gak lama-lama buat ngelanjutin buku keduanya . dan secara keseluruhan, buku ini sangat layak dibaca, ending buku pertamanya sangat WOW.... aku kasian sama Ender, di usianya semuda itu dia disuruh terus menerus untuk latihan-latihan dan latihan. tak ada waktu bermain untuk Ender, permainan nya hanyalah latihan perang. aku jadi ikutan stres bareng Ender jadinya.



Nah, karna ini adalah postingan Review untuk event Secret Santa tahun kemaren. sebagai rasa terima kasih ku pada SS ku yang telah berbaik hati untuk memilihkan buku ini sebagai hadiah yang ia berikan untukku, maka aku beserta peserta yang lain wajib untuk membuat postingan yang berisikan Review buku beserta hasil tebakan tentang siapakah sosok asli dari sang SS yang misterius itu, dan tebakan ku jatuh pada orang ini:

-  Agnes Koo dari blog Phiam: Behind Her Books XD

kenapa aku bisa sangat yakin dalam menebak sosok asli dari Santa ku, semua karna.... aku menemukan nomer hp santa ku di kertas nya jne XD. curang memang. tapi kalo gak karna nomer hp itu, aku gak mungkin bisa menebak identitas misterius santaku. tapi bukan berarti ada nomer hp nya membuat aku jadi sangat yakin. jadi aku pun kembali menyelidiki blog nya Agnes. dan aku pun jadi tambah yakin Agnes adalah santa ku karna ketika aku bekunjung ke blog milik nya, aku melihat ternyata dia sangat suka sama Hunger Games. maka yakinlah aku bahwa dia adalah santaku XD. karna selain buku ini, kemaren aku juga dapet quote Hunger Games yang sangat cantik, dan aku gunain sebagai pembatas buku. makasih ya... aku suka banget sama buku dan pembatas buku nya.

3 komentar: